10 peluang bisnis di desa yang menguntungkan

10 peluang bisnis di desa yang menguntungkan

 

peluang bisnis di desa

Anda bisa menjalankan bisnis di mana saja. Apalagi peluang bisnis juga terbuka untuk siapapun. Misalnya saja anda bisa memulai bisnis di desa dengan peluang yang masih sangat besar. Namun, hal ini juga bergantung dari pilihan bisnis yang anda jalankan. Jangan khawatir terhadap pangsa pasar yang memang masih sedikit bila dibandingkan dengan peluang di kota. Tentu saja ini bisa anda terapkan dengan menggunakan model bisnis yang cukup berbeda. Anda bisa menjalankan bisnis di desa dan menawarkan produk itu di kota lain. Potensi pertumbuhan pasar seperti ini biasanya lebih tinggi.

10 peluang bisnis di desa

Pemanfaatan lahan yang masih kosong memang sering menjadi bagian dari peluang bisnis di desa. Tentu saja rekomendasi seperti ini juga harus disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Semakin besar modal yang anda gunakan untuk menjalankan bisnis biasanya akan memudahkan anda untuk mendapatkan keuntungan cukup baik.

Berikut ini ada 10 peluang bisnis di desa yang bisa anda coba dan sangat menguntungkan, seperti:

1. Bisnis berjualan sayuran segar

Mungkin ini bisa menjadi peluang bisnis di desa yang paling utama. Biasanya lahan yang ada di pedesaan memang masih cukup luas dan alami. Hal ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk menerapkan bisnis sayuran segar. Apalagi bila anda memiliki lahan yang sangat luas di desa dengan irigasi ideal. Ada banyak pilihan sayuran yang bisa anda tanam lalu dijual kembali di retail atau pasar tradisional. Sebaiknya pilih jenis sayuran yang banyak diminati atau dengan memilih sayuran yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini memang disesuaikan dengan jenis sayuran dan metode perawatan yang akan diterapkan.

baca juga artikel menarik lainnya:cara membuat blog makanan yang keren

2. Bisnis budi daya lele

Anda juga memiliki kesempatan untuk memulai bisnis budi daya lele. Bisnis seperti ini memang cukup menguntungkan. Selain itu, lahan di desa biasanya cukup luas untuk dijadikan sebagai kolam atau tambak ikan lele. Untuk memulai bisnis ini biasanya anda akan membutuhkan bibit yang sangat berkualitas. Selain itu, ukuran dari kolam atau tambak yang digunakan juga harus disesuaikan dengan skala bisnis. Bila anda memiliki modal yang cukup besar mungkin anda bisa menerapkan model bisnis dengan skala menengah hingga skala besar. Ukuran dari kolam itu juga harus lebih besar. Tentukan juga model distribusi saat anda akan memasuki masa panen. Hal ini juga akan berkaitan dengan target keuntungan.

3. Memulai usaha ayam kampung

Rekomendasi lain dari peluang bisnis di desa adalah dengan mencoba usaha ayam kampung. Biasanya untuk memulai bisnis ini anda akan membutuhkan lahan sebagai kandang yang ideal. Selain itu, bibit ayam kampung yang digunakan juga harus berkualitas. Hal penting yang harus anda ingat adalah bisnis seperti ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Perhitungkan waktu untuk mendapatkan masa panen yang berkelanjutan. Gunakan modal yang anda miliki untuk membangun kandang yang baik dan mendapatkan bibit yang berkualitas. Apalagi anda juga harus memberikan pakan berkualitas bagi seluruh ayam. Selanjutnya tentukan model penjualan atau distribusi ayam kampung ini.

4. Memulai usaha ayam petelur

Bisnis lain yang bisa anda coba adalah dengan memulai usaha ayam petelur. Kebutuhan akan telur ayam saat ini semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya berbagai warung makan atau industri rumahan yang berkaitan dengan usaha kuliner. Telur menjadi bahan baku utama yang sangat dibutuhkan. Hal ini harus anda perhitungkan dengan memulai bisnis ini. Modal untuk memulai bisnis ini biasanya akan digunakan untuk membangun kandang yang ideal bagi ayam petelur itu, membeli bibit unggul, membeli pakan dan vitamin dan membangun jaringan distribusi. Biasanya kentungan yang anda dapatkan akan disesuaikan dengan kualitas telur yang ditawarkan. Semakin baik kualitas dari produk telur tentu saja jaringan distribusi akan semakin baik.

5. Berjualan pulsa

Peluang bisnis di desa seperti ini memang menjadi sangat populer. Apalagi peluang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar juga akan diperhitungkan dengan sangat baik. Kebutuhan pulsa dan paket data internet yang semakin meningkat akan menjadi peluang bagi anda. Untuk memulai usaha ini anda akan membutuhkan modal untuk digunakan sebagai deposit. Sesuaikan dengan item yang akan anda jual. Semakin banyak pilihan item pulsa dan paket internet biasanya anda juga akan membutuhkan modal yang lebih besar. Untuk meningkatkan penjualan item pulsa cobalah untuk membuka konter kecil di depan rumah anda. Tawarkan harga terjangkau agar orang lain tertarik membeli item pulsa.

6. Membuka toko sembako

Mungkin anda bisa mencoba untuk membuka toko sembako yang menawarkan produk rumah tangga hingga kebutuhan pokok. Modal yang dibutuhkan untuk toko sembako ini juga disesuaikan dengan skala bisnis. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di depan rumah anda. Selanjutnya pilih produk yang akan dijual. Tawarkan produk yang banyak dicari seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan lainnya. Berikan harga yang terjangkau untuk masing-masing dari produk itu. Ini dilakukan agar proses masuk dan keluarnya barang dari toko anda lebih cepat.

7. Bisnis toko pakaian dan sepatu

Rekomendasi lain dari usaha yang bisa anda coba untuk dilakukan di pedesaan adalah dengan membuka toko pakaian dan sepatu. Model bisnis seperti ini biasanya dilakukan dengan konsep reseller. Anda akan membutuhkan modal untuk membuka toko pakaian dan menentukan jenis atau model sepatu yang dijual. Semakin banyak jenis atau model yang dijual biasanya akan memberikan kemudahan bagi orang lain untuk menentukan pilihan. Anda harus mendapatkan jaringan reseller yang lebih banyak agar stok pakaian juga semakin meningkat. Jangan lupa untuk memberikan harga yang cukup terjangkau dari setiap item pakaian atau sepatu yang dijual.

8. Membuka warung makan

Biasanya bisnis warung makan juga cukup menguntungkan untuk dijalankan di desa. Apalagi ada banyak pilihan jenis makanan yang bisa anda jual. Misalnya saja dengan menjual makanan sehari-hari atau dengan menjual makanan khusus seperti mie ayam atau bakso. Sebaiknya gunakan menu khsusus dengan karakter rasa yang berbeda. Hal ini akan menjadi ciri khas dari warung makan yang anda buka.

9. Beternak

Rekomendasi lain dari usaha yang bisa anda coba mungkin dengan beternak. Pilihan ternak yang bisa anda pertimbangkan seperti kambing atau sapi. Biasanya pada jangka waktu tertentu kebutuhan akan daging ternak memang akan meningkat. Namun, anda harus ingat bahwa bisnis ini akan membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi anda juga harus menggunakan pakan berkualitas dan kandang yang ideal.

10. Budi daya tanaman hias

Bisnis tanaman hias juga bisa anda pertimbangkan. Kondisi dan lahan di pedesaan yang masih sangat asri memberikan kemudahan bagi anda untuk memulai bisnis ini. Ada banyak pilihan tanaman hias yang bisa dibudidayakan. Misalnya saja seperti aneka bunga hias, berbagai jenis rumput, gelombang cinta dan lainnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan komentar

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial